top of page
Cari

3 Tips Merawat Wallpaper Dinding agar Tetap Awet dan Bersih

Memiliki wallpaper dinding yang indah tentu menjadi kebanggaan tersendiri. Selain mempercantik background dinding, wallpaper juga mampu memberikan sentuhan estetika yang berbeda pada setiap ruangan. Namun, untuk memastikan wallpaper dinding tetap awet dan bersih, perawatan yang tepat sangatlah penting. Berikut adalah panduan praktis untuk merawat wallpaper dinding agar tetap tahan lama dan terlihat selalu baru.

Panduan Praktis Merawat Wallpaper Dinding


 1. Membersihkan Noda dengan Benar


Merawat Wallpaper Dinding

Noda memang tidak bisa kita hindari, noda ringan ataupun bandel. Untuk noda ringan gunakan kain lembut atau kemoceng untuk menghapus debu secara berkala. Hindari penggunaan kain kasar yang bisa merusak permukaan wallpaper. Untuk noda ringan, gunakan spons lembut yang telah dibasahi air hangat. Lap dengan lembut agar noda hilang tanpa merusak wallpaper.


Apabila ingin membersihkan noda yang membandel Anda bisa melakukan cara lain, yaitu dengan mencampurkan sedikit deterjen ringan dengan air hangat. Kemudian celupkan kain bersih ke dalam larutan ini, peras hingga lembab, lalu gosok perlahan pada area yang bernoda.


Backgorund dinding yang bernoda biasanya akan mempengaruhi keberhasilan dalam memasang wallpaper. Hindari menggosok terlalu keras, karena bisa merusak atau mengelupas permukaan wallpaper.


 2. Mencegah Kerusakan


Merawat Wallpaper Dinding

Sebaiknya hindarkan wallpaper dari paparan sinar matahari secara langsung. Gunakan gorden atau tirai untuk mengurangi cahaya sinar matahari yang bisa membuat warna wallpaper memudar. Lalu kontrol Kelembapan ruangan dengan memastikan ruangan memiliki sirkulasi udara yang baik.


Gunakan dehumidifier jika perlu untuk mengurangi kelembapan, terutama di area seperti kamar mandi atau dapur.  Hal yang sering dianggap sepele tetapi sebenarnya penting untuk diperhatikan.


Ketika memindahkan furnitur, pastikan untuk tidak menggores atau merusak wallpaper. Gunakan pelindung atau alas kaki furnitur agar tidak merusak dinding. Pada dasarnya wallpaper dinding berkualitas biasanya memiliki daya tahan sekitar 10-15 tahun, tergantung pada bahan dan perawatan yang dilakukan.


Wallpaper vinyl misalnya, dikenal lebih tahan lama dan mudah dibersihkan dibandingkan dengan wallpaper berbahan kertas. Namun, faktor-faktor seperti paparan sinar matahari langsungyang terkena background dinding, kelembapan dinding, dan cara merawat wallpaper dinding juga sangat mempengaruhi umur pakainya.


3. Menjaga Keindahan Wallpaper


Merawat Wallpaper Dinding

Lakukan pemeriksaan rutin pada wallpaper untuk menemukan kerusakan kecil seperti sobekan atau gelembung udara. Perbaiki segera untuk mencegah kerusakan yang lebih parah. Kerusakan kecil memang terlihat seperti sepele, tapi untuk jangka panjang akan sangat berpengaruh buruk ke wallpaper anda.


Untuk menghindari itu terjadi, pemeriksaan rutin adalah solusinya. Pada area yang sering terkena kontak seperti bagian bawah dinding di ruang tamu atau kamar anak, pertimbangkan penggunaan lapisan pelindung transparan yang bisa melindungi wallpaper dari goresan dan noda. Selain keunggulan wallpaper, Anda juga perlu untuk mengetahui kelemahan wallpaper, tujuannya adalah mengantisipasi dari kerusakan tersebut. Adapun kelemahannya seperti:


  1. Wallpaper kurang cocok untuk backgorund dinding dengan tingkat kelembapan tinggi seperti kamar mandi atau dapur, karena dapat menyebabkan jamur dan mengurangi daya tahan wallpaper.

  2. Wallpaper memudar seiring waktu jika terpapar langsung dengan sinar matahari.

  3. Sulit memasang dan mengganti background wallpaper dinding memerlukan ketelitian dan kesabaran. Proses ini bisa memakan waktu dan biaya jika tidak dilakukan dengan benar.


Merawat wallpaper dinding agar tetap awet dan bersih sebenarnya tidak terlalu sulit jika dilakukan dengan benar. Dengan membersihkan noda secara teratur, mencegah kerusakan dari faktor eksternal, dan menjaga keindahan wallpaper melalui pemeriksaan rutin, background dinding rumah Anda akan selalu terlihat segar dan menarik.


Ingat, perawatan yang baik tidak hanya memperpanjang umur wallpaper tetapi juga menjaga estetika ruangan Anda. Jadi, jangan ragu untuk menerapkan tips-tips di atas dan nikmati keindahan wallpaper dinding yang selalu tampak baru! Dengan perhatian yang tepat, wallpaper dinding Anda akan menjadi investasi dekorasi yang bertahan lama dan terus memperindah setiap sudut rumah.


Anda dapat mengunjungi Store Lavish Deco langsung dengan alamat di:

Jl. Langensari No. 29, Klitren, Yogyakarta (Maps: https://g.co/kgs/UZtZoQ )

Telepon: 0274-587999

Whatsapp: 0819898683 (order via Whatsapp)





6 tampilan0 komentar

Comments


bottom of page