top of page
Cari

5 Tips Memilih Bahan Gorden Terbaik untuk Rumah Anda

Gorden bukan hanya sekadar penutup jendela. Lebih dari itu, gorden bisa menjadi elemen dekoratif yang mempercantik ruangan serta memberikan kenyamanan bagi penghuninya. Memilih bahan gorden yang tepat sangat penting untuk mencapai kedua tujuan tersebut. Dalam artikel ini, kita akan membahas berbagai jenis bahan gorden, termasuk gorden blackout, vitras gorden, serta tips untuk memilih bahan gorden terbaik sesuai kebutuhan, gaya, dan anggaran Anda.


Tips Memilih Bahan Gorden Terbaik



Bahan Gorden


1. Pertimbangkan Kebutuhan dan Fungsi


 Pertama-tama, tentukan fungsi utama gorden tersebut. Apakah Anda membutuhkan privasi, kontrol cahaya, atau sekadar elemen dekoratif? Jika Anda ingin menghalangi cahaya, pilih bahan gorden blackout. Untuk efek dekoratif yang ringan, vitras gorden atau gorden sheer bisa menjadi pilihan.


2. Sesuaikan dengan Gaya Dekorasi


Pilih bahan gorden yang sesuai dengan gaya dekorasi ruangan Anda. Untuk tampilan yang klasik dan elegan, bahan sutra atau linen sangat cocok. Jika Anda menginginkan suasana yang lebih santai dan kasual, katun bisa menjadi pilihan yang tepat. Lavish Deco memiliki koleksi lengkap yang bisa Anda pilih seperti bahan fabric yang dapat menyesuaikan keinginan dan selera.


3. Perhatikan Anggaran


 Harga bahan gorden sangat bervariasi. Tentukan anggaran Anda terlebih dahulu dan cari bahan yang memberikan keseimbangan antara kualitas dan harga. Katun dan poliester biasanya lebih terjangkau, sementara sutra dan linen cenderung lebih mahal.


4. Ukur Jendela dengan Tepat


Sebelum membeli gorden, pastikan Anda mengukur jendela dengan tepat. Ukuran gorden yang salah bisa merusak tampilan ruangan dan fungsi dari gorden itu sendiri.


5. Perhatikan Perawatan


Setiap bahan gorden memiliki cara perawatan yang berbeda. Pilih bahan yang sesuai dengan kemampuan dan waktu yang Anda miliki untuk merawatnya. Misalnya, linen dan sutra membutuhkan perawatan ekstra dibandingkan dengan katun atau poliester. Berikut perawatan ekstra untuk gorden jendela agar tetap bersih dan awet:


Pencucian


  • Gunakan air dingin atau hangat. Air panas dapat merusak serat linen sutra.

  • Pilih deterjen yang lembut dan bebas dari bahan kimia keras. Hindari pemutih yang bisa melemahkan serat.

  • Jika memungkinkan, cuci linen/sutra dengan tangan untuk mengurangi gesekan yang bisa merusak serat.

  • Jika menggunakan mesin cuci, pilih siklus lembut untuk mengurangi gesekan.


Pengeringan


  • Linen/sutra sebaiknya dikeringkan dengan cara digantung di tempat yang teduh. Hindari sinar matahari langsung yang bisa menyebabkan serat menjadi rapuh dan warnanya memudar.

  • Jika menggunakan pengering, pilih suhu rendah untuk mencegah penyusutan dan kerusakan serat.


Setrika


Setrika linen/sutra saat masih sedikit lembab dengan suhu tinggi. Gunakan setrika uap atau semprotkan air untuk membantu menghaluskan kerutan.


Penyimpanan


  • Simpan linen/sutra di tempat yang kering dan gelap untuk menghindari pertumbuhan jamur dan bakteri.

  • Gantung linen/sutra untuk menghindari kerutan atau lipat dengan rapi dan simpan di dalam lemari.


Mengenal Jenis-Jenis Gorden


Bahan Gorden

1. Gorden Blackout


Gorden blackout terkenal karena kemampuannya dalam menghalangi cahaya masuk ke dalam ruangan. Terbuat dari bahan yang tebal dan biasanya dilapisi dengan lapisan khusus, gorden ini cocok untuk kamar tidur atau ruang keluarga di mana Anda ingin meminimalkan cahaya luar. Selain itu, gorden blackout juga membantu dalam menjaga suhu ruangan dan mengurangi kebisingan dari luar.


2. Gorden Sheer


Gorden sheer atau vitras gorden adalah jenis gorden yang terbuat dari kain tipis dan tembus pandang. Fungsinya lebih kepada dekorasi dan memberikan efek lembut serta romantis pada ruangan. Meski tidak memberikan privasi penuh, vitras gorden sering dipadukan dengan gorden yang lebih tebal untuk tampilan yang elegan.


3. Gorden Katun


Bahan katun adalah salah satu pilihan yang populer karena harganya yang terjangkau dan tersedia dalam berbagai warna dan pola. Katun cenderung ringan dan mudah dibersihkan, cocok untuk ruangan dengan suasana santai seperti ruang tamu atau ruang makan.


Bahan gorden katun atau juga kerap kita jumpai di gordyn hotel. Kain gorden yang digunakan di hotel biasanya terbuat dari bahan berkualitas tinggi seperti poliester atau campuran poliester-katun. Bahan ini dipilih karena daya tahannya yang tinggi, mudah dibersihkan, dan tidak mudah kusut. Gorden hotel sering kali didesain dengan fungsi blackout untuk memastikan tamu dapat beristirahat dengan nyaman tanpa gangguan cahaya.


4. Gorden Linen


Linen memberikan tampilan yang lebih alami dan elegan. Bahannya yang agak kaku memberikan tekstur yang menarik pada ruangan. Namun, linen dapat kusut dengan mudah sehingga membutuhkan perawatan ekstra.


5. Gorden Sutra


Sutra adalah bahan yang mewah dan berkilau, memberikan kesan elegan dan glamor pada ruangan. Meskipun harganya lebih mahal, gorden sutra memberikan nilai estetika yang tinggi dan cocok untuk ruang tamu atau kamar tidur utama.


Memilih bahan gorden yang tepat bisa menjadi investasi jangka panjang untuk kenyamanan dan keindahan rumah Anda. Pertimbangkan kebutuhan, gaya dekorasi, anggaran, dan perawatan saat memilih gorden.


Dengan memilih bahan yang tepat, Anda bisa menciptakan suasana yang nyaman dan elegan di setiap ruangan. Jangan ragu untuk mencoba berbagai jenis bahan gorden dan temukan yang paling sesuai dengan kebutuhan Anda. Selamat berkreasi!


Anda dapat mengunjungi Store Lavish Deco langsung dengan alamat di:

Jl. Langensari No. 29, Klitren, Yogyakarta (Maps: https://g.co/kgs/UZtZoQ )

Telepon: 0274-587999

Whatsapp: 0819898683 (order via Whatsapp)




4 tampilan0 komentar

Comments


bottom of page