top of page
Cari

6 Cara Mudah Memasang Wallpaper Dinding dan Tips Memilih Desain yang Cocok untuk Setiap Ruangan

Diperbarui: 19 Jun

Memasang wallpaper dinding bisa menjadi cara cepat dan efektif untuk mengubah tampilan ruangan. Dengan pilihan desain yang beragam, Anda bisa menambahkan karakter dan suasana baru dalam rumah. Artikel ini akan membahas cara pasang wallpaper dinding dengan mudah, tips memilih desain yang tepat, serta menjawab beberapa pertanyaan umum seputar wallpaper.


Cara Memasang Wallpaper Dinding


cara memasang wallpaper dinding

1. Persiapan Alat dan Bahan


Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, cara memasang wallpaper dinding yang pertama adalah menyiapkan peralatan dan bahannya. Berikut ini bahan dan alat-alat yang dibutuhkan untuk memasang wallpaper dinding, yaitu:


  •  Wallpaper

  • Lem wallpaper

  • Kuas atau roller

  • Pisau cutter atau gunting

  • Penggaris dan pensil

  • Spon atau kain lembut


2. Persiapan Dinding


Pastikan dinding dalam kondisi bersih, kering, dan halus. Jika ada lubang atau retakan, perbaiki terlebih dahulu. Anda juga harus tahu, bahwa memasang wallpaper dinding pada permukaan yang belum diplester sebenarnya tidak dianjurkan.


Dinding yang belum diplester cenderung tidak rata dan berdebu, yang bisa menghambat perekat wallpaper untuk menempel dengan baik. Sebaiknya, pastikan dinding dalam kondisi halus, bersih, dan kering sebelum memasang wallpaper dinding. Jika Anda memaksa memasang wallpaper di dinding yang tidak rata, hasilnya mungkin tidak rapi dan wallpaper bisa cepat lepas.


3. Pengukuran dan Pemotongan


Ukur tinggi dinding dan potong wallpaper dengan panjang yang lebih beberapa sentimeter untuk antisipasi. Tandai bagian atas dan bawah dengan pensil untuk memastikan wallpaper terpasang lurus.


Sebelum mulai memasang wallpaper dinding, penting untuk mengetahui berapa banyak wallpaper yang dibutuhkan. Biasanya, satu roll wallpaper dinding memiliki ukuran standar sekitar 10 meter panjang dan 0.53 meter lebar. Ini berarti Anda mendapatkan sekitar 5.3 meter persegi dari satu roll. Namun, pastikan untuk memeriksa kembali spesifikasi produk karena ukuran bisa sedikit berbeda tergantung pada produsennya.


4. Aplikasi Lem


Oleskan lem secara merata pada dinding atau bagian belakang wallpaper, tergantung instruksi dari produsen wallpaper. Berikut adalah penjelasan lebih mendetail mengenai cara mengaplikasikan lem pada wallpaper:


  • Mencampur Lem (Jika Diperlukan) Jika Anda menggunakan lem dalam bentuk bubuk atau konsentrat, campurkan lem dengan air sesuai dengan petunjuk pada kemasan. Aduk hingga larutan lem merata dan tidak menggumpal.

  • Mengaplikasikan Lem ke Wallpaper:Letakkan potongan wallpaper di permukaan datar dengan bagian belakang menghadap ke atas. Tuangkan lem secukupnya ke wadah roller atau kuas lem. Mulailah mengoleskan lem dari tengah bagian belakang wallpaper, kemudian ratakan ke seluruh permukaan. Pastikan lem dioleskan secara merata dan tidak terlalu tebal atau terlalu tipis. Oleskan lem dengan gerakan vertikal atau horizontal yang konsisten. Hindari gerakan acak yang dapat menyebabkan lem tidak merata. Perhatikan tepi-tepi wallpaper agar lem tidak terlalu banyak menumpuk di sana, karena dapat menyebabkan lem keluar saat wallpaper ditempelkan.


Dengan langkah-langkah di atas, Anda dapat memastikan bahwa lem diaplikasikan dengan benar dan wallpaper dapat menempel dengan sempurna pada dinding. Merk-merk seperti Wallpro, Superwall, Decofix, Wallprofix, dll adalah rekomendasi lem yang bisa dipakai.


5. Pemasangan Wallpaper


Pertama-tama tempelkan wallpaper dari bagian atas dinding, dan tekan perlahan ke bawah untuk menghilangkan gelembung udara. Gunakan spon atau kain lembut untuk membantu meratakan wallpaper.


Salah satu pertanyaan yang sering muncul adalah apakah wallpaper dinding awet dan tahan lama. Jawabannya, ya! Memasang wallpaper dinding yang berkualitas baik dan dipasang dengan benar bisa bertahan hingga 10-15 tahun.


Ketahanan ini juga sangat dipengaruhi oleh faktor-faktor seperti kondisi ruangan, paparan sinar matahari, serta perawatan yang dilakukan. Beberapa wallpaper juga dilengkapi dengan lapisan pelindung yang membuatnya tahan terhadap goresan dan kelembaban.


6. Pemotongan Kelebihan


Setelah wallpaper terpasang, potong kelebihan di bagian atas dan bawah menggunakan pisau cutter untuk hasil yang rapi. Untuk bagian ini adalah level yang lumayan sulit dalam proses pemasangan wallpaper.


Sebenarnya tergantung dari motif wallpaper itu sendiri, jika motif yang berulang, itu akan lebih mudah, jika mural atau satu gambar itu membutuhkan ketelitian yang lebih.


Tips Memilih Desain Wallpaper yang Cocok


memilih wallpaper dinding

Pemilihan desain wallpaper sebelum mengetahui cara pasang wallpaper juga penting untuk menciptakan suasana yang diinginkan. Berikut beberapa tips memilih desain yang cocok untuk setiap ruangan:


  • Ruang Tamu: Pilih wallpaper dengan warna-warna netral atau motif yang elegan untuk kesan yang lebih luas dan nyaman.

  • Kamar Tidur: Gunakan desain yang menenangkan seperti pola bunga atau warna pastel untuk menciptakan suasana yang rileks.

  • Dapur: Wallpaper dengan motif geometris atau warna cerah bisa menambah energi dan keceriaan.

  • Kamar Anak: Desain dengan gambar karakter atau tema yang disukai anak-anak akan membuat kamar lebih menarik dan personal.


Anda bisa melihat produk wallpaper Lavish Deco yang sesuai dengan kebutuhan ruangan rumah.


Memasang wallpaper dinding sendiri memang membutuhkan ketelitian, tetapi dengan mengikuti langkah-langkah di atas, Anda bisa mendapatkan hasil yang rapi dan tahan lama. Selamat mencoba dan semoga berhasil!


Anda dapat mengunjungi Store Lavish Deco langsung dengan alamat di:

Jl. Langensari No. 29, Klitren, Yogyakarta (Maps: https://g.co/kgs/UZtZoQ )

Telepon: 0274-587999

Whatsapp: 0819898683 (order via Whatsapp)


1 tampilan0 komentar

コメント


bottom of page